Fuel Injection Sistem VS Karburator. Menang Mana?

Posted By: Fadli Firmansyah In: Artikel On: Friday, February 26, 2016 Comment: 0 Hit: 1103

Apa sih itu Karburator? Apa sih itu Fuel Injection sistem? Lebih canggih mana antara dua ini? Temukan jawabannya hanya di sini!

Dalam dunia otomotif, tentunya Anda sudah mengetahui mengenai komponen carburator atau karburator dan fuel injection system. Semakin banyak kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor yang telah meninggalkan penggunaan karburator pada mesinnya.  Karburator, seperti yang tercantuk pada Wikipedia adalah sebuah alat yang mencampurkan udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam.  Penggunaan komponen karburator ini terdapat pada mesin-mesin kecil, mesin mobil tua / jadul, dan juga untuk mobil balap yang dirancang secara khusus.

a

Sedangkan fuel injection sistem adalah teknologi mutakhir pengganti karburator pada mesin-mesin kendaraan bermotor. Teknologi bekerja dengan cara memberi tekanan pada bahan bakar / bensin oleh pompa lalu kemudian diinjeksi / disuntikan kedalam saluran masuk mesin dengan melalui injector noozle.

a

Berbeda dengan teknologi fuel injection, karburator ternyata memiliki banyak kelebihan, antara lain adalah perawatan yang simple dan murah, komponen yang tidak ribet, serta harga yang bisa terbilang murah. Akan tetapi, ternyata ada kekurangan juga pada karburator kita, yaitu perlunya settingan yang pas untuk segala kondisi atau medan. Jika tidak diberi setelan yang pas, maka karburator kita bisa mengalami gangguan serta menurunkan kinerja dan stabilitas mesin bermotor kita.

a

Injector sendiri ternyata juga memiliki waktu untuk menentukan kapan harus menyuntikan bahan bakar ke mesin motor kita. Timing ini cukup rumit, karena harus memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan injektor untuk menyemprotkan bensin dengan memperhitungkan juga berapa banyak udara yang masuk ke dalam mesin.  Perhitungan ini harus tepat agar jumlah bensin yang terbakar semua dengan jumlah udara di mesin tersebut.

a

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa fuel injection sistem merupakan sistem yang baik untuk kendaraan bermotor kita, mengingat presisinya dalam mengatur jumlah bahan bakar motor kita ketimbang menggunakan karburator.

a

Ibarat kata, karburator masih manual dalam mengatur bahan bakar yang masuk ke mesin kendaraan sedangkan fuel injection lebih mandiri karena sudah diatur untuk mengetahui kapasitar yang dibutuhkan oleh mesin dengan sistem elektronik modern dengan bantuan ECU (Electronic Control Unit). Fungsi ECU ini sendiri adalah untuk menghitung volume bahan bakar kendaraan dengan sangat akurat sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang dengan sia-sia. Selain itu, ECU juga dapat mengatur perbandingan bahan bakar dan udara supaya tetap ideal untuk dapat meningkatkan kondisi atau kinerja mesin di segala medan.

a

Jadi sudah tahu kan yang mana lebih hebat diantara fuel injection sistem dengan karburator?

Artikel ini dipersembahkan oleh Mitraparts, supplier komponen mesin kendaraan bermotor seperti filter perkins, fuel noozle, turbo charger, dan juga suku cadang genertaor/ genset untuk usaha Anda.

Comments

Leave your comment