Jenis-Jenis Kerusakan Pada Mesin Genset

Posted By: Fadli Firmansyah In: Artikel On: Friday, November 6, 2015 Comment: 0 Hit: 9275

Yuk cari tahu apa saja jenis kerusakan pada mesin genset Anda dan juga cara memperbaikinya.

Jenis-Jenis Kerusakan Pada Mesin Genset

Genset atau generator set merupakan sebuah perangkat mesin yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu di rumah maupun kantor kita. Tapi, pernahkah Anda merasa kesal ketika membuthkannya tetapi malah genset tersebut rusak? Apalagi pada saat mati lampu dikala Anda sibuk berkerja dimana satu-satunya sumber energi cadangan Anda ada di geset. Sungguh menyebalkan bukan? Kalau sudah begini tentu harus kita sendiri memperbaiki genset supaya bisa bekerja lagi dengan maksimal.

a

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis kerusakan pada genset Anda dan cara-cara tepat dalam menanganinya. Kerusakan pada genset cukup banyak terjadi ketika kita acap kali lupa untuk membersihkannya, dan jenis kerusakannya cukup beragam dan termasuk ke dalam beberapa kategori.

Contoh Kerusakan Pada Genset

Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir lagi jika genset Anda rusak atau tidak berfugsi, karena kami akan memberitahu Anda penanganan yang tepat ketika genset Anda tak bisa digunakan lagi. Berikut adalah contoh-contoh kerusakan pada mesin genset Anda.

a

1. Mesin genset tidak bisa menyala atau tidak bisa dihidupkan.

Salah satu jenis kerusakan yang paling umum adalah mesin genset atau generator set kita tak bisa menyala atau dihidupkan sama sekali. Ada beberapa penyebab hal ini bisa terjadi, yang pertama adalah habisnya aki di genset Anda. Ke dua adalah kabel listrik yang tak tersambung dengan benar atau lebih parah lagi, putus. Dan yang ketiga adalah motor starter genset Anda yang sudah habis masa gunanya (aus).

Solusinya jika terjadi hal-hal yang disebutkan ini adalah mengganti komponen yang bermasalah (ganti aki, kokohkan sambunga kabel yang tak tersambung, ganti kabel yang putus, dan ganti motor starter) dengan yang baru supaya genset bisa dihidupkan kembali dan menghasilkan energi cadangan yang Anda butuhkan.

a

2. Mensin genset mati ketika sudah dinyalakan.

Jika mesin genset Anda tiba-tiba mati ketika dinyalakan ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama adalah tersumbatnya saringan bahan bakar, lubang ventilasi tangki bahan bakar, atau kotornya katup pompa pengisi bahan bakar Anda. Sedangkan penyebab kedua adalah adanya air di dalam tangki bahan bakar genset Anda. (Baca: Tips Mudah Merawat Genset Dengan Baik)

Solusi untuk masalah ini adalah bersihkan mesin genset Anda secara berkala dan ganti bagian-bagian yang dianggap rusak. Fokuskan pada lubang, saringan, dan katup pompa bahan bakar ketika membersihkannya dan ganti dengan komponen yang baru jika Anda anggap perlu. Jika ada air atau udara keluarkan terlebih dahulu air di dalam tangki bahan bakar dan saluran-salurannya, serta pastikan tidak ada air lagi di dalamnya.

a

3. Mesin genset kehilangan daya.

Penyebab mesin genset rusak yang ke tiga adalah hilangnya daya mesin genset Anda ketika digunakan. Penyebab dari masalah ini ada 4, yang pertama adalah ausnya plunyer pompa pada genset, yang keda adalah ada kebocoran pada rumah katubnya, yang ketiga adalah patahnya bagian pegas di katub, dan yang terakhir adalah kotor dan rusaknya bagian komponen nozel katub.

Solusinya cukup mudah, yaitu dengan mengganti komponen-komponen yang rusak ini dengan yang baru, atau jika Anda sudah ahli dalam mengganti, bisa juga Anda menyetel komponen ini supaya tidak mengalami kerusakan yang sama kembali.

a

Nah kira-kira itulah 3 macam jenis kerusakan pada mesin genset di rumah maupun kantor Anda. Jadi bila mesin Anda mengalami 3 hal ini tidak perlu panik, cukup ikuti saja tips ini dan niscaya mesin genset Anda akan kembali berfungsi dengan baik dan normal.

Comments

Leave your comment