Perbandingan Genset Listrik vs Genset Surya

Posted By: Fadli Firmansyah In: Artikel On: Monday, October 3, 2016 Comment: 0 Hit: 1163

Perbandingan, Genset Listrik vs Genset Surya


Setelah presiden Jokowi membuat proyek genset surya raksasa pertama di Jogjakarta dan di Sulawesi Selatan seperti yang dilansir oleh website resmi PT LEN Industri (Persero), rakyat Indonesia mulai mencari tahu seberapa efektif sebenarnya panel surya. Beberapa media bahkan sudah sangsi lebih dahulu dan menyebutnya sebagai kemahalan yang sia-sia.


Seperti yang kita tahu, bahwa terdapat banyak jenis generator yang populer digunakan, Kita bisa mengetahui apa saja jenis mesin genset yang sering digunakan di artikel ini. Dan salah satunya yang menjadi pertimbangan untuk digunakan adalah genset surya.


Tenaga surya merupakan salah satu sumber alternatif pengganti listrik (baca: sumber tenaga pengganti listrik) Namun benarkah genset surya merupakan produk gagal dan mahal? Jika gagal dan mahal mengapa pemerintah menggunakannya? Lalu bagaimana dengan teknologi genset yang sudah ada, yang menggunakan kekuatan bahan bakar, ambil contoh solar yang begitu populer penggunaanya di masyarakat. Mari kita perbandingkan keduanya, melalui kriteria di bawah ini :


1. Biaya

Untuk sektor komersial dan industri di seluruh Indonesia, yang beriklim tropis, di mana cahaya matahari bersinar hampir sepanjang tahun, maka menginstal genset surya boleh jadi solusi. Dan investasinya? Menurut kabar yang masih valid di masyarakat, dibandingkan dengan genset solar memang lebih mahal, dan efektifitasnya dalam menyediakan walau kelak jauh jauh lebih murah daripada genset berbahan bakar namun teknologinya membutuhkan beberapa penggantian baterai yang jatuhnya mahal juga.


Dan akhirnya, orang berkantung pas pasan, biasanya lebih senang memilih generator diesel dibandingkan genset bertenaga surya, karena sekali lagi biaya awal instalasi. Tapi jika seseorang merasa dirinya berinvestasi untuk masa depan tanpa diragukan lagi, dia akan lebih memilih generator surya. Plus generator surya mendapatkan dukungan dari pemerintah, bahwa PLN wajib membeli hasil listrik berlebihan yang dipasang oleh masyarakat.


Diesel pun bukan tanpa kekurangan dalam hal biaya, karena generator jenis diesel akan membutuhkan pasokan konstan bahan bakar - yang tentu saja makin mencekik bila harga bahan bakar naik. Jika pembelian bahan bakar itu akumulatif harganya lebih mahal dari baterai tahunan solar sel (yang memang tidak begitu mahal), maka genset diesel secara praktis dari tahun ke tahun bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan genset surya.


Belum lagi dengan biaya perawatannya, mesin genset biasa harus dilakukan penggantian spareparts secara rutin. Akan tetapi biasanya penggantian spareparts dilakukan apabila mesin sudah aus termakan usia, maka agar perawatan genset lebih efektif, solusinya terdapat pada artikel berikut ini.


2. Polusi

Generator surya tidak hanya menghemat daya, tetapi juga mengurangi polusi. Adapun Generator diesel akan menghasilkan polusi minimal polusi suara dalam hal kebisingan terus menerus, sedangkan generator solar tidak. Dan tentu saja polusi lain adalah polusi hasil pembakaran.


Hal lainnya, bila menggunakan generator diesel, perangkat akan terus dan terus berkerja, hingga aus dan panas. Hal ini tidak terdapat apda generator bertenaga surya. Dan semua yang dapat dilakukan pada sekian waktu genset ini berjalan adalah duduk tenang tanpa kebisingan, dan melihat proses energi yang simultan terserap lalu terpakai.


Satu-satunya kelemahan dengan generator tenaga surya sekali lagi baterai nya. Dan baterainya pun bagian dari polusi jika limbah baterai dibuang semena-mena.


3. Keandalan

Di negara tropis generator surya lebih dapat diandalkan. Tapi di negara-negara di mana ada sedikit sinar matahari dan lebih banyak hujan dan kabut, energi surya tidak berguna. Kecuali menggunakan teknologi jerman yang bisa mengakali jumlah asupan cahaya. Adapun, generator diesel, di sisi lain, tidak memiliki masalah macam ini.


Diantara generator tenaga listrik dengan generator tenaga surya memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, namun apabila anda memilih mesin generator listrik sebagai alat yang praktis untuk digunakan, gunakanlah spareparts asli dan berkualitas dari Mitraparts agar mesin genset anda tetap terjaga. Nah, dari tiga jenis kriteria tersebut mana yang akan Anda pilih?


Comments

Leave your comment